Sumatera Barat Jadi Tuan Rumah HUT TAGANA Ke-19 - WARTA GLOBAL SUMBAR

Mobile Menu

Berita Update Terbaru

logoblog

Sumatera Barat Jadi Tuan Rumah HUT TAGANA Ke-19

Tuesday 23 May 2023

Darmasraya I WARTAGLOBAL.id-- Sesuai dengan Surat Kementerian Sosial RI tanggal 05 Mei 2023 Sumatera Barat di tunjuk sebagai tuan rumah Hari Ulang Tahun Taruna Siaga Bencana (TAGANA) ke-19 tahun 2023. Acara ini akan di gelar di Kabupaten Darmasraya Provinsi Sumatera Barat dari tanggal 25 - 29 Mei 2023. 

Kegiatan ini telah dimulai dari tanggal 10 Mei 2023. Muslimin, S.H yang biasa di panggil Simon selaku Ketua Tim Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang kami temui di lokasi menyatakan  Sumbar siap menjadi tuan rumah dan pada hari ini telah hadir lebih kurang 300 orang anggota Tagana di wilayah Darmasraya.

"Terhitung dari tanggal 10 Mei sampai hari ini telah hadir lebih 300 orang Tagana yang terdiri dari 235 orang Tagana Provinsi Sumatera Barat, 20 Orang dari Provinsi Riau dan 45 Orang dari Provinsi Jambi. Dan jumlah ini akan terus bertambah mengingaat acara puncak tinggal menghitung hari saja lagi" tutur nya.

Dalam sekempatan yang sama Jeli Hendri selaku Koordinator Kegiatan menerangkan rangkaian kegiatan bakti Tagana, bukan hanya sekedar apel saja, tapi di kesempatan ini Tagana bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.


"Kegiatan bakti Tagana ini meliputi kegiatan pembuatan jembatan gantung dinagari Koto Salak, pembangunan 55 buah Rumah Sejahtera Terpadu (RST) serta pembuatan taman lansia yang tersebar di 11 kecamatan di kabupaten Darmasraya. HUT Tagana kali ini berbeda biasa nya yang berulang tahun yang menerima  kado tapi sekarang yang berulang tahunlah yang akan  memberikan kado," ucapnya.

"Seluruh kegiatan ini telah di mulai dari tanggal 10 Mei 2023 dan pengerjaan ini dilaksanakan oleh anggota Tagana Indonesia yang telah menyebar ke 11 kecamatan sedangkan untuk posko induk nya berada di belakang kantor Bupati Darmasraya," imbuh nya.

Pada kegiatan ini seluruh Provinsi di Indonesia akan mengutus sebanyak 5 - 8 orang anggota Tagana yang direncanakan hadir pada tanggal 25 Mei 2023, sedangkan acara puncak nya pada tanggal 29 Mei 2023. 

Ditempat yang terpisah kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Arry Yuswandi menyampaikan bahwa suatu kebanggan bagi Pengprov Sumatera Barat ditunjuk untuk menggelar perhelatan ini.

“Meski masa persiapan agak mepet, tapi berkat komitmen dan koordinasi antara Kemensos, Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta tentu saja Tagana kita di Sumbar, kita yakin, insyaAllah, kegiatan ini akan sukses,” ucapnya.

"Memang untuk menyukseskan program ini, para anggota Tagana di Sumbar dikerahkan ke Dharmasraya sejak awal Mei. Untuk masalah niat, loyalitas, dan komitmen Tagana, kita tidak perlu mempertanyakan lagi. Luar biasa. Kami juga terus ingatkan, agar teman-teman kita di lapangan ini terus mengedepankan prinsip keamanan dan keselamatan dalam bekerja. Kita sudah sampaikan kepada Dirjen di Kemensos terkait situasi terkini di lapangan, dan progres program-program yang dicanangkan,” tambahnya. (RK)

No comments:

Post a Comment